Mengulas 9-Buku Tentang Penindasan

1. Barnhill, Kelly. (2012). Sebagian besar kisah nyata Jack. New York: Little, Brown Books for Youth.

www.thebullybook.comMengulas 9-Buku Tentang Penindasan. Pindah dari San Francisco ke Iowa adalah kejutan nyata bagi Jack yang orang tuanya baru saja bercerai dan membawanya untuk tinggal bersama bibi dan pamannya yang unik, Mabel dan Clive Fitzpatrick di Hazelwood, Iowa. Meskipun Jack telah menghabiskan hidupnya sejauh ini mencoba untuk tetap berada di bawah radar pengganggu lokal di San Francisco, dari saat dia menginjakkan kaki di tanah Hazelwood, dia tampaknya menjadi target baru di kota. Jack dapat berteman dengan Wendy dan Frankie, si kembar berusia 14 tahun, yang membantunya lebih memahami beberapa orang dan bangunan yang menghilang secara aneh di kota yang menakutkan ini. Misteri dan sihir ikut bermain saat Jack belajar lebih banyak tentang kekuatan jahat yang lepas di Hazelwood. Penulis fiksi debut ini menggunakan kekuatan persahabatan untuk memerangi kebaikan dan kejahatan dalam kisah menegangkan ini. Guru dapat menemukan panduan pendidik yang dapat diunduh di situs penerbit. Ide pelajaran untuk memasukkan konsep anti-intimidasi dapat ditemukan di Domain Guru.

2. Barwin, Steven. (2010). memudar. Toronto: James Lorimer & Company Ltd.

Seorang pemain bola basket yang hebat, siswa kelas tujuh Renna Rashad dari Richmond Hill menyukai olahraga ini dan bahkan menjadi kapten tim sekolah, Hornets. Ketika teman baiknya dan rekan satu timnya Caitlyn pindah dari Toronto ke Vancouver, Kate bergabung dengan tim bola basket, yang membuat Renna bingung karena dia dulu bermain untuk tim saingan Hornets, Warriors. Kate tidak tertarik dengan saran Renna tentang tim, dan berperilaku kasar padanya. Dia melakukan kampanye untuk membuat hidup Renna sengsara dengan mengecualikannya dalam setiap interaksi sosial, membuat kesalahan mahal selama pertandingan, menyakitinya secara fisik, dan akhirnya meninggalkan pesan buruk di halaman tim. Dia bahkan menggunakan nama panggilan, mengatakan bahwa Renna adalah Resol atau Pecundang dieja terbalik. Renna menjadi pemarah dengan rekan satu tim yang bersahabat dengan Kate. Akhirnya, dia mogok dan mengakui situasinya kepada teman-temannya yang kemudian mencoba menjebak Kate untuk menggertak Renna di depan seorang guru. Strategi menjadi bumerang ketika Kate menuduh Renna melakukan bullying. Ditinggalkan tanpa pilihan lain, Renna menghadapi pengganggu dalam hidupnya. Pada akhirnya, Renna dan Kate berdamai dan menghadapi pengganggu yang menyiksa Kate sejak awal. Ini adalah volume tipis berisi aksi yang menunjukkan dengan tepat bagaimana intimidasi halus dapat dilanggengkan. Setiap orang yang terlibat dalam olahraga tim harus membaca buku ini.

Baca Juga: Perlukah Mengenai Anak Gemuk Dalam Buku Bergambar Anak?

3. Yee, Lisa. (2011). Kecepatan melengkung. New York: Scholastic/Arthur A. Levine Books.

Siswa kelas tujuh Marley Sandelski merasa tidak terlihat di Sekolah Menengah Rancho Rosetta. Dia tidak seperti mantan temannya, Stanford Wong yang tampan dan atletis, yang menurut Marley berasal dari planet Merkurius. Dia juga bukan dari planet Venus, yang dihuni oleh murid-murid kesayangan para guru dan mereka yang aktif di organisasi kemahasiswaan. Seperti anak-anak biasa lainnya, yang tidak populer atau tidak populer, Marley hanya berasal dari planet Bumi. Marley tinggal bersama orang tuanya di Rialto, sebuah bioskop bersejarah di kota mereka. Ibunya adalah seorang guru piano, dan meskipun buta, dia menjalani kehidupan yang aktif, menangkis rasa kasihan yang sering ditujukan padanya. Meskipun tidak terlihat oleh sebagian besar teman sekelasnya, Marley terlalu terlihat oleh Digger, putra seorang pria kaya. Sementara Digger menggertak dan memeras Marley untuk pekerjaan rumah sejarahnya, tiga anak laki-laki lain yang dikenal sebagai Gorn memanjakan diri dengan meninju dia. Marley mendapati dirinya secara tak terduga tertarik pada Emily dan mulai memperhatikan pakaian dan penampilannya. Ini mengasingkannya dari kelompok teman-temannya yang biasa dari klub AV—Max dan Ramen. Ketika dia harus berlari untuk melarikan diri dari Gorn, Marley menemukan bakat tersembunyi – dia bisa berlari super cepat – dan menarik perhatian pelatih lintasan yang ingin dia mendaftar ke tim. Tapi, meski memenangkan piala Tiggy Tiger Turkey yang didambakan dalam waktu singkat, hati Marley tidak dalam olahraga. Namun, entah bagaimana, dia menginspirasi teman-teman sekelasnya untuk bangkit bersama melawan Gorn. Dalam judul ini, penulis menggambarkan kehidupan seorang penggemar berat Star Trek sambil menggambarkan kehidupan siswa sekolah menengah dengan sempurna. Meskipun momen-momen lucu ditaburkan di seluruh buku, pembaca yang sensitif mungkin meringis melihat adegan intimidasi grafis yang berlanjut hingga hampir halaman terakhir. Buku ini sangat baik untuk kelompok membaca dan diskusi. Lihat juga video wawancara Lisa Yee di blog Engage Teacher to Teacher.

4. Altebrando, Tara. (2012). Malam terbaik dalam hidupmu (menyedihkan). New York: Remaja Dutton.

Mary Gilhooley merasa lega karena sekolah menengah telah berakhir. Meskipun dia tidak memenangkan beasiswa ke Georgetown yang diharapkan, tetap saja, dia sedang dalam perjalanan ke luar kota dan melanjutkan ke perguruan tinggi. Karena dia dan teman-temannya tidak meninggalkan banyak tanda di sekolah mereka, dia mengira mereka memiliki satu malam tersisa untuk menyelamatkan tahun ini dan memastikan bahwa mereka akan diingat. Para senior Oyster Point mendedikasikan satu malam di akhir tahun untuk berburu berbagai barang, beberapa cukup mudah ditemukan dan yang lain dijelaskan dengan agak samar. Ketika teman-teman mencoba mencari petunjuk dan melacak item dalam daftar untuk mengumpulkan poin, malam itu ternyata menjadi peristiwa yang tak terduga. Teman dikhianati, naksir terungkap, dan Mary sendiri menyadari bahwa meskipun dia membenci seorang anak laki-laki yang telah mengganggunya selama sekolah menengah, dia tidak selalu memperlakukannya dengan baik. Dia memiliki pencerahan sambil merenungkan kebutuhannya sendiri untuk bertanggung jawab dan cara dia menembaknya secara verbal bertahun-tahun yang lalu. Meskipun karakternya tidak terlalu rumit, pembaca akan mendukung Mary dan teman-temannya yang juga berlari untuk menang, meraih kemenangan bagi yang tertindas, atau jika tidak, menyadari bahwa ada lebih banyak hal dalam hidup daripada sekolah menengah. Kejutan-kejutan menyenangkan dan referensi musik dari buku ini pasti akan membuat pembaca bergegas mencari musik oleh beberapa band yang sudah lama terlupakan dan untuk merencanakan perburuan kelas senior mereka sendiri.

5. Colasanti, Suzanne. (2012). Tetap bertahan. New York: Remaja Viking.

Hidup tidak bisa lebih sulit untuk junior Noelle Wexler. Ibunya, yang disakiti oleh kekecewaan dalam hidupnya sendiri, hampir tidak berbicara dengan putrinya kecuali menyalahkannya atas hidupnya dan mengeluh tentang pekerjaannya. Karena sering ada sangat sedikit untuk dimakan, Noelle terpaksa mengumpulkan sandwich yang terbuat dari mustard, mayones, dan selada untuk makan siang sekolahnya. Teman-teman sekelasnya yang lebih kaya mengasihani atau meremehkannya karena miskin sementara para guru hanya diam dan tidak melakukan apa-apa. Bahkan romansa naas Noelle dengan Matt disembunyikan dari semua orang karena dia tidak ingin teman-temannya tahu bagaimana perasaannya tentang dia. Pada saat Noelle tertarik pada Julian Porter, dia ragu bahwa dia cukup baik untuknya. Tapi Julian dan beberapa teman sekelasnya tidak terlalu peduli dengan pendapat teman sekelas mereka. Ketika salah satu teman sekelas Noelle melakukan bunuh diri setelah diejek berulang kali, kematiannya memaksa Noelle untuk menghadapi semua pengganggu dalam hidupnya. Buku ini adalah pengingat yang baik bahwa ada lebih banyak kehidupan setelah sekolah menengah jika Anda bisa terus bertahan sampai lulus.

6. Hall, Megan Kelley, & Jones, Carrie (Eds.). (2011). Dear Bully: 70 penulis menceritakan kisah mereka. New York: Remaja Harper.

Terkadang melihat diri kita sendiri dalam cerita menyebabkan perubahan. Koleksi bertema yang luar biasa tentang pengganggu ini untuk siapa saja yang telah menindas orang lain, diganggu oleh orang lain, atau bahkan berdiri tanpa daya saat orang lain diganggu. Ini harus menjadi bacaan wajib bagi siswa dan guru karena mencakup wilayah intimidasi dengan sangat menyeluruh. Kemungkinan setiap pembaca akan menemukan pengalamannya sendiri tercermin dalam setidaknya satu dari cerita yang ditulis oleh 70 penulis, banyak di antaranya akan akrab bagi pembaca muda. Beberapa cerita panjang, dan beberapa pendek, dan penulis menggunakan gaya penulisan yang bervariasi untuk menceritakan kisah mereka. Bonus lainnya adalah memiliki situs web penulis yang disertakan di bios mereka di bagian belakang. Pembaca mungkin ingin menikmati yang satu ini dalam teguk daripada membaca seluruh buku dalam satu sesi karena materi pelajaran seringkali sangat menyakitkan. Jelas bahwa bullying tetap menjadi masalah di dunia kita, terutama di sekolah kita, dan beberapa pembaca mungkin menemukan mekanisme penanggulangan seperti humor dan konfrontasi sebagai hasil dari apa yang beberapa penulis bagikan tentang pengalaman mereka sendiri. Yang lain melihat kembali bullying dari jarak satu atau dua dekade dan terkejut menemukan bahwa masih menyakitkan untuk dipilih atau dikucilkan atau bahkan digantikan oleh teman karena berbagai alasan. Yang lain lagi terkejut menyadari bahwa pengganggu masa kecil mereka bahkan tidak mengingat peristiwa yang begitu mengubah hidup mereka. Dalam provokatifnya “Siapa yang Memberi Kekuatan Rakyat Populer? Siapa??” penulis Megan McCafferty merenungkan esensi dan kekuatan popularitas. Tidak mengherankan, beberapa penulis menggambarkan dendam yang masih mereka pegang terhadap para pengganggu sejak mereka tumbuh dewasa dan bagaimana mereka juga terkadang menjadi pengganggu setelah diejek berulang kali. Pembaca dapat menemukan lebih banyak cerita, video, dan saran tentang cara mendapatkan bantuan di situs web penulis.

Baca Juga: Rekomendasi Buku Fiksi Karya Novelis Indonesia

7. Knowles, Johanna. (2012). Sampai jumpa di Harry. Somerville, MA: Pers Candlewick.

Fern adalah anggota keluarga berusia dua belas tahun yang sibuk dengan aktivitas. Ayahnya benar-benar asyik dengan restoran keluarga bernama Harry’s; ibunya sering tidak bermeditasi; kakak perempuannya mengambil jeda tahun setelah sekolah menengah sebelum berangkat ke perguruan tinggi; kakak laki-lakinya, Holden, memulai tahun pertamanya di sekolah menengah dan berurusan dengan keluar sebagai gay; dan saudara laki-lakinya yang manis berusia 3 tahun, Charlie, meskipun selalu berantakan, adalah bintang keluarga yang bersinar dan penerima banyak cinta dan perhatian. Sahabat Fern, Ran, menjalani hidup dengan tenang sambil meyakinkan Fern bahwa semuanya akan baik-baik saja seiring berjalannya kehidupan. Sebuah kecelakaan yang mengerikan mengubah semua dinamika ini. Saat dalam perawatan Fern, Charlie ditabrak mobil, dan akibatnya menyatukan keluarga yang diganggu dengan cara yang tidak pernah mereka bayangkan. Guru mungkin tertarik pada sumber daya intimidasi literatur tambahan yang tersedia di ReadWriteThink “Buku tentang Bullying” atau mereka mungkin ingin memeriksa Remaja Melawan Bullying. NS website penulis menawarkan tips untuk menulis dan banyak lagi.

8. Rosenfeld, Kat. (2012). Amelia Anne sudah mati dan pergi. New York: Penguin/Dutton Remaja. 

Dua kehidupan dan cerita yang sama sekali berbeda bersinggungan dengan cara yang tidak terduga dalam film thriller yang memuaskan ini. Meski hidup di dunia yang berbeda, Becca dan Amelia Anne memiliki cukup banyak kesamaan. Amelia Anne berencana untuk mengejar karir akting setelah menerima dorongan dari seorang instruktur. Gadis kota kecil Becca tidak sabar untuk meninggalkan kotanya dan masa lalunya yang suram untuk kuliah. Tapi perasaannya terhadap James dan kebingungan atas keputusannya untuk putus dan kemudian kembali bersama tepat setelah lulus SMA membuat kepergiannya lebih sulit dari yang dia harapkan. Sementara dia menunda berkemas dan bersiap untuk pergi, James tampaknya berperilaku agak aneh. Ke mana dia pergi ketika dia memberi tahu orang lain bahwa dia menghabiskan waktu bersamanya? Buku dibuka dengan Amelia Anne sudah mati, meninggalkan pembaca untuk memutuskan siapa yang bertanggung jawab atas kematiannya di sisi jalan tanah dekat kota Becca. Bagaimana bisa seorang wanita dalam perjalanannya ke pantai liburan dengan pacarnya mati begitu kejam? Dengan ahli mengisyaratkan motivasi setiap karakter, dan menghilangkan detail sehingga pembaca harus membaca yang tersirat untuk membentuk kesimpulan mereka sendiri, penulis melemparkan beberapa ikan haring merah untuk menambah kesenangan thriller ketegangan ini. Melalui kepicikan dan paranoianya sendiri, Becca mengkhianati dirinya sendiri dan orang lain, yang menyebabkan tragedi. Pembaca pasti akan merenungkan jalan berliku dan jalan memutar yang membawa kita ke atau dari tujuan kita serta apa sebenarnya yang dimaksud dengan bullying.

9. Spottswood, Jessica. (2012). Terlahir jahat. New York: Putnam Remaja.

Dalam versi alternatif 1900 New England enam belas tahun Cate Cahill dan dua adik perempuannya, Tess dan Maura, harus merahasiakan fakta bahwa mereka adalah penyihir dengan berbagai kekuatan yang belum dimanfaatkan. Ayah mereka telah meninggalkan mereka dalam perawatan seorang wanita dari kelompok yang dikenal sebagai Sisterhood. Sementara Cate berusaha mati-matian untuk menemukan petunjuk tentang apa yang diinginkan ibunya yang telah meninggal, dia harus menyembunyikan kemampuannya dari Brotherhood, sekelompok pria pembenci penyihir yang menentukan pasangan pernikahan. Gadis dan wanita yang berperilaku tidak pantas atau berperilaku tidak pantas dikirim ke Harwood, yang kedengarannya benar-benar Draconian. Pilihan untuk wanita sangat terbatas, dan Cate takut dipasangkan dengan seseorang yang tidak dia cintai. Sementara itu, Cate diserbu oleh pikiran asmara dan keinginan untuk seseorang yang dianggap tidak cocok untuknya. Ketika dia membuat pilihan yang sulit untuk menyelamatkan saudara perempuannya, dia juga menghancurkan hatinya sendiri. Catatan khusus adalah cara di mana penyihir kota – dan ada lebih banyak dari mereka daripada hanya tiga saudara perempuan Cahill – ada tepat di bawah hidung Persaudaraan. Pembaca tentu akan teringat masa lalu, masa kini, dan masa depan bangsa kita sendiri ketika membaca tentang salah langkah masyarakat imajiner ini ketika satu kelompok kuat menindas yang lain. Sulit untuk mengatakan mana yang lebih menakutkan, ejekan individu yang ditujukan pada orang-orang seperti Cate yang berbeda dari yang lain di kota atau intimidasi Persaudaraan terhadap semua wanita.

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial