Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying di Usia Remaja

Penyebab Terjadinya Bullying

Tindakan bullying merupakan tindakan yang tidak boleh dilakukan oleh setiap orang karena dapat berdampak pada korban dan pelaku bullying. Jika dibandingkan dengan pelaku, korban bullying merupakan pihak yang paling dirugikan. Korban bullying dapat merasa ketakutan dan tertekan setiap waktu akibat perilaku bullying yang menimpanya.

Korban bullying bahkan dapat melakukan tindakan bunuh diri jika mereka mendapatkan tekanan yang tinggi. Di negara barat, perilaku bullying telah mengantarkan banyak korban hingga liang lahat. Akibat tekanan yang dialami oleh korban, mereka lebih memilih melakukan bunuh diri ketimbang menghadapi wajah dan tindakan para pelaku bullying.

Sama halnya dengan tindakan negative lainnya, tindakan bullying dapat hadir dengan adanya sebab. Merasa berkuasa merupakan salah satu penyebab yang dapat melahirkan tindakan bullying di kalangan remaja. Pelaku ingin mendapatkan perhatian dari orang lain dengan kekuasaan yang mereka miliki.

Demi mendapatkan perhatian dan kekuasaan, pelaku bullying akan melakukan kekerasan kepada mereka yang lemah. Tindakan bullying yang mereka lakukan bahkan dilakukan berulang kali sehingga menimbulkan ketakutan di mata korban bullying. Tidak hanya haus akan kekuasaan, tindakan bullying dapat terjadi akibat dari:

Kurangnya perhatian dari orang tua dan lingkungan sekitar
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pelaku bullying melakukan tindakan yang mereka anggap benar demi mendapatkan perhatian. Perhatian yang mereka inginkan tidak hanya berasal dari orang-orang sekitar tetapi juga perhatian dari orang tua. Kurangnya perhatian yang mereka terima membuat pelaku bullying melakukan tindakan yang dapat meredakan amarahnya.

Pernah mengalami kekerasan
Para pelaku bullying biasanya merupakan sosok yang pernah mengalami kekerasan sebelumnya. Demi membalas dendam, mereka melakukan hal yang sama terhadap orang lain yang dinilai lebih lemah.

Seringnya melakukan perkelahian merupakan alasan lain mengapa tindakan bullying dapat terjadi. Dengan melakukan perkelahian, para pelaku bullying membuktikan kepada mereka mengenai kekuasan yang mereka miliki. Karena sering melakukan tindakan kekerasan fisik dan verbal, tindakan bullying dapat dengan mudah dilakukan oleh para pelaku bullying untuk membuktikan seberapa besar kekuatan yang mereka miliki.

Shares 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *